Sunday, November 13, 2011

Manusia ( Refleksi )

Manusia hidup dalam lingkungan sosial, selalu dihadapkan pada situasi dan kondisi tertentu.

Tidak ada jaminan bahwa nantinya akan membawa kita kedalam kondisi yang baik ataupun menguntungkan, bisa saja nantinya akan menjadi hasil terburuk.

Dalam situasi dan kondisi yang tidak terduga, maka sekali lagi kita akan dihadapkan pada keadaan yang mengharuskan kita memilih salah satu pilihan yang ada.

Suka tidak suka, kita memang harus memilih walau dengan terpaksa, dengan tekanan, ataupun dalam alam bawah sadar.

Apapun nantinya yang kita pilih, sebelumnya pasti sudah diperhitungkan segala resiko dan konsekuensi yang ada.
Tidak memungkiri bahwa kemungkinan kita akan berada dalam jalan kita sendiri.
bisa saja kita ditinggalkan orang sekitar kita entah atas penghianatan, atas ketidakmauan untuk terlibat, atau atas tidak peduli , namun bisa saja kita yang ingin meninggalkan mereka karena alsan-alasan tertentu, dan itu bukan suatu masalah bagi manusia selama manusia itu sendiri mau dan berani untuk berdiri sendiri dan berjalan sendiri tanpa ketergantungan dengan orang lain tetapi dalam dampingan TUHAN.

Lingkungan sekitar kita dapat beradaptasi terhadap kita dalam keadaan apapun, seperti pada awal manusia terjun kedalam masyarakat, adpatasi terhadapat masyarakat lalu mulai diterima. semua itu hanya masalah proses, dan pilihan yang diambil adalah pilihan yang terbaik pada saat itu demi menyesuaikan kondisi yang ada.
karena tidak ada satupun manusia yang dapat selalu menjadi seperti yang diharapkan, pada suatu masa manusia pasti akan berubah dan kembali lagi itu semua masalah proses..waktu..entah kapan.





* ditulis pada tanggal 04 Desember 2009
* terima kasih untuk kawan-kawan yang menjadi inspirasi saya

No comments:

Post a Comment